Apakah Takbir Intiqol (Perpindahan Gerakan Sholat) Wajib?
Apakah Takbir Intiqol
(Perpindahan) Adalah Wajib?
Mayoritas ulama dari kalangan para Sohabat, Tabi'in, dan generasi setelah
mereka berpendapat bahwa takbir-takbir ketika perpindahan gerakan dalam Sholat
adalah Sunnah Sholat, selain takbiratul ihrom, karena takbiratul ihrom adalah wajib. Ini
adalah pendapat para Sohabat seperti Abu Bakar Ash-Shiddiq (13 H), Umar bin
Al-Khottob (23 H), ‘Abdullah bin Mas'ud (32 H), ‘Abdullah bin ‘Umar (73 H) dan
yang lainnya رَضِيَ اللَّهُ
تَعَالَى عَنْهُم.
Pendapat ini juga dipegang oleh: putra Jabir bin ‘Abdillah,
Qois bin ‘Abbād (tabi'in senior, w. sebelum 100 H), Syu‘aib (bin Habhab, w. 140
H), Al-Auza‘i (w. 157 H), Sa‘id bin ‘Abdil ‘Azīz (w. 167 H), Asy-Syafi‘i (w.
204 H), Ahmad bin Hanbal (w. 241 H) dalam salah satu riwayat darinya, dan
mayoritas ahli ilmu.
Telah dinukil dari: Sa‘id bin Jubair (w. 95 H),‘Umar bin ‘Abdil ‘Azīz (w. 101 H), Al-Hasan Al-Bashri (w. 110
H) bahwa mereka berkata: Takbir yang disyariatkan hanyalah takbiratul ihrom
saja, tidak ada takbir lain selain itu.
Pendapat ini juga dinukil dari: Al-Qosim bin Muhammad (w.
106 H), Sālim bin ‘Abdillah bin ‘Umar (w. 106 H), Muhammad bin Sīrīn (w. 110 H),
dan juga dari Mu‘āwiyah bin Abī Sufyān رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمَا
Ahmad bin Hanbal (w. 241 H), dalam riwayat yang masyhur
darinya, berkata: seluruh
takbir-takbir perpindahan itu wajib sebagaimana takbiratul ihrom.
Referensi:
(Al-Majmu Syarhul Muhadzdzab 3/334, Al-Mughni 1/537,
Al-Mughni 1/543, 1/659, Bidayatul Mujtahid 1/161)