Cari Artikel

Mempersiapkan...

Ijma dalam Qurban dan Sembelihan - Ibnul Mundzir (319 H)

 

217. Waktu Penyembelihan Qurban

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الضَّحَايَا لَا يَجُوزُ ذَبْحُهَا قَبْلَ طُلُوعِ الْفَجْرِ مِنْ يَوْمِ النَّحْرِ.

Mereka sepakat bahwa: hewan Qurban tidak boleh disembelih sebelum terbit fajar dari hari Nahr (Idul Adha).

218. Memberi Makan Fakir Miskin dari Daging Qurban

أَجْمَعُوا عَلَى إِبَاحَةِ إِطْعَامِ فُقَرَاءِ الْمُسْلِمِينَ مِنْ لُحُومِ الضَّحَايَا.

Mereka sepakat atas dibolehkannya memberi makan fakir miskin Muslimin dari daging hewan Qurban.

219. Syarat Hewan Sembelihan yang Halal

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْمَرْءَ إِذَا ذَبَحَ مَا يَجُوزُ الذَّبْحُ بِهِ، وَسَمَّى اللَّهَ، وَقَطَعَ الْحُلْقُومَ وَالْوَدَجَيْنِ، وَأَسَالَ الدَّمَ: أَنَّ الشَّاةَ مُبَاحٌ أَكْلُهَا.

Mereka sepakat bahwa: seseorang jika ia menyembelih dengan apa yang boleh menyembelih dengannya, dan ia menyebut nama Alloh , dan memotong kerongkongan dan 2 urat leher, dan mengalirkan darah: kambing itu boleh dimakan.

220. Sembelihan Orang Bisu

وَأَجْمَعُوا عَلَى إِبَاحَةِ ذَبِيحَةِ الْأَخْرَسِ.

Mereka sepakat atas dibolehkannya sembelihan orang bisu.

221. Hukum Janin yang Keluar Hidup

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْجَنِينَ إِذَا خَرَجَ حَيًّا أَنَّ ذَكَاتَهُ بِذَكَاةِ أُمِّهِ.

Mereka telah sepakat bahwa janin apabila keluar (dari perut induknya) dalam keadaan hidup, maka penyembelihannya mengikuti penyembelihan ibunya (yakni cukup dengan sembelihan ibunya dan tidak perlu disembelih lagi secara terpisah. Versi lain: disembelih juga sebagaimana induknya).

Versi naskah lain:

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْجَنِينَ إِذَا خَرَجَ حَيًّا أَنَّ زَكَاتَهُ بِزَكَاةِ أُمِّهِ.

Dan mereka telah sepakat bahwa janin apabila lahir dalam keadaan hidup maka zakatnya mengikuti zakat ibunya (yakni zakat Fithri yang ditunaikan untuk ibunya, dan tidak ada zakat Fithri tersendiri).

 

222. Sembelihan Anak Kecil dan Wanita

وَأَجْمَعُوا عَلَى إِبَاحَةِ ذَبِيحَةِ الصَّبِيِّ، وَالْمَرْأَةِ إِذَا أَطَاقَا الذَّبْحَ، وَأَتَيَا عَلَى مَا يَجِبُ أَنْ يُؤْتَى عَلَيْهِ.

Mereka sepakat atas dibolehkannya sembelihan anak kecil dan wanita, jika keduanya sanggup menyembelih, dan melakukan apa yang wajib dilakukan atasnya.

223. Sembelihan Ahli Kitab (Jika Menyebut Nama Alloh)

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ ذَبَائِحَ أَهْلِ الْكِتَابِ لَنَا حَلَالٌ إِذَا ذَكَرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهَا.

Mereka sepakat bahwa: sembelihan ahli Kitab halal bagi kita jika mereka menyebut nama Alloh padanya.

224. Sembelihan Ahli Harb (Orang Kafir yang Memerangi)

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ ذَبَائِحَ أَهْلِ الْحَرْبِ حَلَالٌ، وَانْفَرَدَ مَالِكٌ، فَقَالَ: لَا يُؤْكَلُ شَحْمُ ذَبِيحَةٍ ذَبَحَهَا يَهُودِيٌّ.

Mereka sepakat bahwa: sembelihan ahli Harb (orang kafir yang memerangi) halal, sedang Malik (bin Anas) berpendapat sendiri, ia berkata: tidak dimakan lemak sembelihan yang disembelih oleh orang Yahudi.

225. Sembelihan Majusi

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ ذَبَائِحَ الْمَجُوسِ حَرَامٌ لَا تُؤْكَلُ، وَانْفَرَدَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيِّبِ.

Mereka sepakat bahwa: sembelihan Majusi harom tidak dimakan, sedang Sa’id bin Al-Musayyab berpendapat sendiri.

226. Sembelihan Anak Kecil dan Wanita Ahli Kitab

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ ذَبِيحَةَ الصَّبِيِّ، وَالْمَرْأَةِ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ مُبَاحٌ.

Mereka sepakat bahwa: sembelihan anak kecil dan wanita dari ahli Kitab boleh.

227. Hukum Anjing Pemburu

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْكِلَابَ جَوَارِحُ، يَجُوزُ أَكْلُ مَا أَمْسَكْنَ، عَلَى الْمَرْءِ، إِذَا ذَكَرَ اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهَا، وَكَانَ الْمُعَلِّمُ مُسْلِمًا إِلَّا الْكَلْبَ الْأَسْوَدَ.

Mereka telah sepakat bahwa anjing termasuk hewan pemburu, maka boleh memakan apa yang ditangkap olehnya bagi seseorang apabila ia menyebut nama Allah atasnya (saat melepasnya) dan pelatihnya adalah seorang Muslim, kecuali anjing yang berwarna hitam.

228. Buruan Laut

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الصَّيْدَ الْبَحْرِ حَلَالٌ وَالْمُحْرِمِ: اصْطِيَادُهُ، وَأَكْلُهُ وَبَيْعُهُ، وَشِرَاؤُهُ.

Mereka telah sepakat bahwa buruan laut itu halal bagi orang yang sedang berihrom: baik menangkapnya, memakannya, menjualnya, maupun membelinya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url