Cari Artikel

Mempersiapkan...

Ijma dalam Sholat - Ibnul Mundzir

 

34. Waktu Zhuhur

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ وَقْتَ الظُّهْرِ: زَوَالُ الشَّمْسِ.

Mereka sepakat bahwa: waktu Zhuhur: tergelincirnya matahari.

35. Waktu Maghrib

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ صَلَاةَ الْمَغْرِبِ: تَجِبُ إِذَا غَرَبَتِ الشَّمْسُ.

Mereka sepakat bahwa: Sholat Maghrib: wajib jika matahari terbenam (sempurna).

36. Waktu Shubuh

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ وَقْتَ صَلَاةِ الصُّبْحِ: طُلُوعُ الْفَجْرِ.

Mereka sepakat bahwa: waktu Sholat Shubuh: terbitnya fajar.

37. Sholat Shubuh di Waktunya

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ مَنْ صَلَّى الصُّبْحَ بَعْدَ طُلُوعِ الْفَجْرِ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ؛ أَنَّهُ يُصَلِّيهَا فِي وَقْتِهَا.

Mereka sepakat bahwa: siapa yang Sholat Shubuh setelah terbit fajar (shodiq) sebelum terbit matahari; maka ia Sholat di waktunya.

38. Jamak Sholat dalam Haji

وَأَجْمَعُوا عَلَى الْجَمْعِ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ بِعَرَفَةَ، وَبَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ لَيْلَةَ النَّحْرِ.

Mereka sepakat atas menjamak dua Sholat: Zhuhur dan Ashr di Arofah, sementara Maghrib dan Isya’ di malam Nahr (Idul Adha).

39. Arah Kiblat Saat Adzan

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ مِنَ السُّنَّةِ أَنْ تُسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةُ بِالْأَذَانِ.

Mereka sepakat bahwa: termasuk Sunnah adalah menghadap qiblat saat Adzan.

40. Adzan Sambil Berdiri

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ مِنَ السُّنَّةِ: أَنْ يُؤَذِّنَ الْمُؤَذِّنُ قَائِمًا، وَانْفَرَدَ أَبُو ثَوْرٍ فَقَالَ: يُؤَذِّنُ جَالِسًا مِنْ غَيْرِ عِلَّةٍ.

Mereka sepakat bahwa: termasuk Sunnah: Muadzdzin beradzan sambil berdiri, sedang Abu Tsaur berpendapat sendiri, ia berkata: ia boleh adzan sambil duduk tanpa udzur.

41. Adzan Setelah Masuk Waktu

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ مِنَ السُّنَّةِ: أَنْ يُؤَذَّنَ لِلصَّلَاةِ بَعْدَ دُخُولِ وَقْتِهَا إِلَّا الصُّبْحَ.

Mereka sepakat bahwa: termasuk Sunnah: adzan untuk Sholat adalah setelah masuk waktunya kecuali Shubuh.

42. Syarat Niat Dalam Sholat

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الصَّلَاةَ لَا تُجْزِئُ إِلَّا بِالنِّيَّةِ.

Mereka sepakat bahwa: Sholat tidak sah kecuali dengan niat.

43. Mengangkat Tangan Saat Takbirotul Ihrom

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ النَّبِيَّ كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ إِذَا افْتَتَحَ الصَّلَاةَ.

Mereka sepakat bahwa: Nabi dahulu mengangkat kedua tangannya jika ia memulai Sholat.

44. Hukum Takbirotul Ikrom

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ مَنْ أَحْرَمَ لِلصَّلَاةِ بِالتَّكْبِيرِ، أَنَّهُ عَاقِدٌ لَهَا دَاخِلٌ فِيهَا.

Mereka sepakat bahwa: siapa yang masuk Sholat dengan takbirotul ihrom (Allahu akbar), maka ia telah sah dan masuk di dalam Sholat.

45. Sholat dengan Satu Salam

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ صَلَاةَ مَنِ اقْتَصَرَ عَلَى تَسْلِيمَةٍ وَاحِدَةٍ جَائِزَةٌ.

Mereka sepakat bahwa: Sholat orang yang mencukupkan diri dengan satu salam adalah boleh.

46. Sengaja Bicara Membatalkan Sholat

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ مَنْ تَكَلَّمَ فِي صَلَاتِهِ عَامِدًا، وَهُوَ لَا يُرِيدُ إِصْلَاحَ شَيْءٍ مِنْ أَمْرِهَا، أَنَّ صَلَاتَهُ فَاسِدَةٌ.

Mereka sepakat bahwa: siapa yang berbicara dalam Sholatnya dengan sengaja, sedang ia tidak bermaksud memperbaiki sesuatu dari urusan Sholatnya, maka Sholatnya batal.

47. Larangan Makan dan Minum Dalam Sholat

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْمُصَلِّيَ مَمْنُوعُ الْأَكْلِ وَالشُّرْبِ.

Mereka sepakat bahwa: orang yang Sholat dilarang makan dan minum.

48. Makan dan Minum Sengaja Dalam Sholat

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ مَنْ أَكَلَ وَشَرِبَ فِي صَلَاتِهِ الْفَرْضِ عَامِدًا أَنْ عَلَيْهِ الْإِعَادَةَ.

Mereka sepakat bahwa: siapa yang makan dan minum dalam Sholat fardhu dengan sengaja maka wajib atasnya mengulang (Sholat).

49. Tawa Membatalkan Sholat

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الضَّحِكَ يُفْسِدُ الصَّلَاةَ.

Mereka sepakat bahwa: tawa merusak Sholat.

50. Sujud Sahwi Bagi Makmum

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ لَيْسَ عَلَى مَنْ سَهَا خَلْفَ الْإِمَامِ سُجُودٌ، وَانْفَرَدَ مَكْحُولٌ، وَقَالَ: عَلَيْهِ.

Mereka sepakat bahwa: tidak wajib atas siapa yang lupa di belakang Imam (makmum) Sujud Sahwi, sedang Mak-hul berpendapat sendiri, ia berkata: wajib atasnya.

51. Imam Lupa, Makmum Ikut Sujud Sahwi

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْمَأْمُومَ إِذَا سَهَا أَمَامَهُ أَنْ يَسْجُدَ مَعَهُ.

Mereka sepakat bahwa: Makmum jika ia lupa, sedang di depannya (Imam) sujud, sungguh ia sujud bersamanya.

52. Tidak Wajib Sholat Jum’at bagi Anak Kecil

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَيْسَ عَلَى الصَّبِيِّ جُمُعَةٌ.

Mereka sepakat bahwa: tidak ada kewajiban Jum’at atas anak kecil.

53. Tidak Wajib Sholat Jum’at bagi Wanita

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَا جُمُعَةَ عَلَى النِّسَاءِ.

Mereka sepakat bahwa: tidak ada kewajiban Jum’at atas para wanita.

54. Hukum Wanita Sholat Jum’at Bersama Imam

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّهُنَّ إِنْ حَضَرْنَ الْإِمَامَ، فَصَلَّيْنَ مَعَهُ أَنَّ ذَلِكَ يُجْزِئُ عَنْهُنَّ.

Mereka sepakat bahwa: jika wanita menghadiri Imam, lalu mereka Sholat bersamanya maka hal itu mencukupi mereka (ganti Zhuhur).

55. Syarat Wajib Sholat Jum’at

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْجُمُعَةَ وَاجِبَةٌ عَلَى الْأَحْرَارِ الْبَالِغِينَ الْمُقِيمِينَ الَّذِي لَا عُذْرَ لَهُمْ.

Mereka sepakat bahwa: Jum’at wajib atas para orang merdeka yang baligh yang mukim (menetap) yang tidak memiliki udzur (halangan).

56. Jumlah Roka’at Sholat Jum’at

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ صَلَاةَ الْجُمُعَةِ رَكْعَتَانِ.

Mereka sepakat bahwa: Sholat Jum’at adalah 2 roka’at.

57. Sholat Orang yang Tertinggal Jum’at

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ مَنْ فَاتَتْهُ الْجُمْعَةُ مِنَ الْمُقِيمِينَ أَنْ يُصَلُّوا أَرْبَعًا.

Mereka sepakat bahwa: siapa yang terlewatkan Jum’atnya dari kalangan orang-orang yang mukim wajib Sholat 4 (roka’at).

58. Imam Tuna Netra

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ إِمَامَةَ الْأَعْمَى كَإِمَامَةِ الصَّحِيحِ، وَمُنِعَ مِنْ ذَلِكَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ، وَابْنُ عَبَّاسٍ رِوَايَةٌ ثَابِتَةٌ.

Mereka sepakat bahwa: Imamah (kepemimpinan Sholat) orang buta seperti Imamah orang yang sehat, sedang Anas bin Malik dan Ibnu Abbas melarang hal itu dalam riwayat yang shohih.

59. Qoshor (Meringkas) Sholat Musafir

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ لِمَنْ سَافَرَ سَفَرًا تُقْصَرُ فِي مِثْلِهِ الصَّلَاةُ مِثْلَ: حَجٍّ أَوْ جِهَادٍ أَوْ عُمْرَةٍ أَنْ يَقْصُرَ الظُّهُورَ وَالْعَصْرَ الْعِشَاءَ، يُصَلِّي كُلَّ وَاحِدَةٍ مِنْهَا رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ.

Mereka sepakat bahwa: siapa yang berpergian dengan perjalanan yang boleh diringkas Sholat di dalamnya seperti: Haji atau Jihad atau Umroh, boleh ia meringkas Zhuhur dan Ashor dan Isya’, ia Sholat masing-masing 2 roka’at 2 roka’at.

60. Larangan Qoshor Sholat Maghrib dan Shubuh

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَا يُقْصَرُ فِي الْمَغْرِبِ، وَلَا وَفِي صَلَاةِ الصُّبْحِ.

Mereka sepakat bahwa: tidak boleh diringkas (Sholat) Maghrib dan pula Sholat Shubuh.

61. Qoshor Sholat Saat Safar

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ عَلَيْهِ إِذَا سَافَرَ إِلَى مَكَّةَ مِنْ مِثْلِ الْمَدِينَةِ أَنْ لَهُ أَنْ يَقْصُرَ الصَّلَاةَ، إِذَا كَانَ خُرُوجُهُ فِي مِثْلِ مَا تَقَدَّمَ وَصْفًا لَهُ.

Mereka sepakat bahwa: jika ia melakukan Safar ke Makkah dari semisal Madinah, maka ia boleh meringkas Sholat, jika kepergiannya seperti yang telah dijelaskan sifatnya.

62. Permulaan Qoshor Sholat

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ لِلَّذِي يُرِيدُ السَّفَرَ أَنْ يَقْصُرَ الصَّلَاةَ إِذَا خَرَجَ عَنْ جَمِيعِ الْبُيُوتِ مِنَ الْقَرْيَةِ الَّتِي خَرَجَ مِنْهَا.

Mereka sepakat bahwa: siapa yang hendak melakukan Safar boleh ia meringkas Sholat jika ia telah keluar dari seluruh rumah dari desa tempat ia keluar darinya.

63. Qoshor Sholat Setelah Waktu Zhuhur

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ لِمَنْ خَرَجَ بَعْدَ الزَّوَالِ أَنْ يَقْصُرَ الصَّلَاةَ.

Mereka sepakat bahwa: siapa yang keluar setelah tergelincir matahari (Zhuhur) boleh ia meringkas Sholat.

64. Mukim Bermakumum Kepada Musafir

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْمُقِيمَ إِذَا ائْتَمَّ بِالْمُسَافِرِ، وَسَلَّمَ الْإِمَامُ رَكْعَتَيْنِ أَنَّ عَلَى الْمُقِيمِ إِتْمَامَ الصَّلَاةِ.

Mereka sepakat bahwa: orang yang mukim jika ia bermakmum kepada musafir, dan imam salam 2 roka’at, maka wajib atas orang yang mukim menyempurnakan Sholat (menambah 2 roka’at).

65. Sholat Duduk Bagi yang Tidak Mampu Berdiri

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ فَرْضَ مَنْ لَا يُطِيقُ الْقِيَامَ أَنْ يُصَلِّيَ جَالِسًا.

Mereka sepakat bahwa: Orang yang tidak sanggup berdiri pada Sholat Fardhu, ia boleh Sholat sambil duduk.

66. Ruku’ dan Sujud Bagi yang Mampu

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْقَادِرَ لَا تُجْزِئُهُ الصَّلَاةُ إِلَّا أَنْ يَرْكَعَ أَوْ يَسْجُدَ.

Mereka sepakat bahwa: orang yang mampu (berdiri) tidak sah Sholatnya kecuali ia ruku’ atau sujud.

67. Wanita Haidh Tidak Wajib Qodho Sholat

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْحَائِضَ لَا صَلَاةَ عَلَيْهَا فِي أَيَّامِ حَيْضَتِهَا، فَلَيْسَ عَلَيْهَا الْقَضَاءُ.

Mereka sepakat bahwa: wanita haidh tidak boleh Sholat di hari-hari haidhnya, juga tidak wajib atasnya qodho’.

68. Wanita Haidh Wajib Qodho Puasa

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ عَلَيْهَا قَضَاءَ الصَّوْمِ الَّذِي تُفْطِرُهُ فِي أَيَّامِ حَيْضَتِهَا فِي شَهْرِ رَمَضَانَ.

Mereka sepakat bahwa: wajib atas wanita qodho’ Puasa yang ia tidak Puasa di hari-hari haidhnya di bulan Romadhon.

69. Wajib Fardhu Bagi Wanita Haidh

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا حَاضَتْ وَجَبَتْ عَلَيْهَا الْفَرَائِضُ.

Mereka sepakat bahwa: jika wanita haidh maka wajib atasnya kewajiban-kewajiban fardhu (selain Sholat).

70. Qodho Sholat Mukim Saat Safar

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ مَنْ نَسِيَ صَلَاةً فِي حَضَرٍ؛ فَذَكَرَهَا فِي السَّفَرِ، أَنَّ عَلَيْهِ صَلَاةَ الْحَضَرِ إِلَّا مَا اخْتُلِفَ فِيهِ الْحَسَنُ الْبَصْرِيُّ.

Mereka sepakat bahwa: siapa yang lupa Sholat saat mukim; lalu ia mengingatnya saat safar, maka wajib atasnya Sholat sempurna (4 roka’at) kecuali apa yang diperselisihkan oleh Al-Hasan Al-Bashri.

71. Qodho Sholat Orang Mabuk

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ السَّكْرَانَ يَقْضِي الصَّلَاةَ.

Mereka sepakat bahwa: orang mabuk mengqodho’ Sholat.

72. Sholat di Atas Kendaraan (Hewan)

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْمَطْلُوبَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى دَابَّتِهِ.

Mereka sepakat bahwa: orang mukallaf boleh Sholat di atas kendaraannya (hewan).

Bab Witir

73. Waktu Sholat Witr

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ مَا بَيْنَ صَلَاةِ الْعِشَاءِ إِلَى طُلُوعِ الْفَجْرِ: وَقْتٌ لِلْوِتْرِ.

Mereka sepakat bahwa: apa yang di antara Sholat Isya’ sampai terbit fajar: adalah waktu untuk Witr.

74. Sujud Pertama di Surat Al-Hajj

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ السُّجُودَ فِي الْأُولَى مِنَ الْحَجِّ ثَابِتٌ.

Mereka sepakat bahwa: Sujud di (roka’at) pertama dari surat Al-Hajj adalah shohih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url