Ijma dalam Zakat - Ibnul Mundzir (319 H)
86. Hewan Ternak yang Wajib Zakat
وَأَجْمَعُوا عَلَى وُجُوبِ الصَّدَقَةِ
فِي: الْإِبِلِ، وَالْبَقَرِ، وَالْغَنَمِ.
Mereka sepakat atas kewajiban
Shodaqoh (Zakat) pada: unta, sapi, dan kambing.
87. Nishob Zakat Unta
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَا صَدَقَةَ
فِيمَا دُونَ خَمْسِ ذَوْدٍ مِنَ الْإِبِلِ.
Mereka sepakat bahwa: tidak ada
Shodaqoh (Zakat) pada kurang dari 5 ekor unta.
88. Zakat 5 Ekor Unta
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ فِي خَمْسٍ
مِنَ الْإِبِلِ شَاةٌ.
Mereka sepakat bahwa: pada 5 ekor
unta (wajib Zakat) 1 kambing.
89. Nishob Zakat Kambing
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَا صَدَقَةَ
فِي دُونِ أَرْبَعِينَ مِنَ الْغَنَمِ.
Mereka sepakat bahwa: tidak ada
Shodaqoh (Zakat) pada kurang dari 40 ekor kambing.
90. Zakat Kambing 40-200 Ekor
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ فِي أَرْبَعِينَ
شَاةً شَاةٌ إِلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ، فَإِذَا زَادَتْ عَلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ،
فَفِيهَا شَاتَانِ إِلَى أَنْ تَبْلُغَ مِائَتَيْنِ.
Mereka sepakat bahwa: pada 40
kambing (wajib Zakat) 1 kambing sampai 120, jika melebihi 120, maka padanya 2 kambing
sampai mencapai 200.
91. Hukum Kerbau Sama dengan Sapi
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ حُكْمَ الْجَوَامِيسِ
حُكْمُ الْبَقَرِ.
Mereka sepakat bahwa: hukum kerbau
adalah hukum sapi.
92. Menggabungkan Domba dan
Kambing
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الضَّأْنَ
وَالْمَعْزَ يُجْمَعَانِ فِي الصَّدَقَةِ.
Mereka sepakat bahwa: domba dan
kambing digabungkan dalam Shodaqoh (Zakat).
93. Hasil Bumi yang Wajib Zakat
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الصَّدَقَةَ
وَاجِبَةٌ فِي: الْحِنْطَةِ، وَالشَّعِيرِ، وَالتَّمْرِ، وَالزَّبِيبِ.
Mereka sepakat bahwa: Shodaqoh
(Zakat) wajib pada: gandum, jelai, kurma, dan kismis.
94. Larangan Menggabungkan Jenis
Hewan Zakat
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْإِبِلَ
لَا تُضَمُّ إِلَى الْغَنَمِ وَلَا الْبَقَرِ، وَعَلَى أَنَّ الْبَقَرَ لَا تُضَمُّ
إِلَى الْإِبِلِ وَالْغَنَمِ، وَعَلَى إِسْقَاطِ الزَّكَاةِ عَنْ كُلِّ صِنْفٍ مِنْهَا
حَتَّى تَبْلُغَ الْمِقْدَارَ الَّذِي يَجِبُ أَخْذُ الصَّدَقَةِ مِنْهَا.
Mereka sepakat bahwa: unta tidak
digabungkan dengan kambing dan tidak sapi, dan bahwa: sapi tidak digabungkan
dengan unta dan kambing, dan bahwa: gugurnya Zakat dari setiap jenis darinya sampai mencapai kadar yang
wajib diambil Shodaqoh (Zakat) darinya.
95. Larangan Menggabungkan Kurma
dan Kismis
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَا تُضَمَّ
النَّخْلُ إِلَى الزَّبِيبِ.
Mereka sepakat bahwa: pohon kurma
tidak digabungkan dengan kismis.
96. Gugur Zakat Karena Bencana
(Sebelum Panen)
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْخَارِصَ
إِذَا خَرَصَ، ثُمَّ أَصَابَتْهُ جَائِحَةٌ إِلَّا شَيْءٌ عَلَيْهِ إِذَا كَانَ ذَلِكَ
قَبْلَ الْجِذَاذِ.
Mereka sepakat bahwa: petugas taksir
(khorish) jika ia menaksir, kemudian menimpa
bencana kecuali sedikit atasnya (maka
Zakat gugur) jika hal itu terjadi sebelum panen.
97. Nishob Zakat Perak
وَأَجْمَعُوا عَلَى حَدِيثِ رَسُولِ
اللَّهِ ﷺ: «لَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسِ أَوَاقٍ صَدَقَةٌ».
Mereka sepakat atas Hadits
Rosululloh ﷺ: “Tidak ada Shodaqoh (Zakat) pada kurang dari 5 awaq.”
98. Jumlah Zakat 200 Dirham
وَأَجْمَعُوا أَنَّ فِي مِائَتَيْ دِرْهَمٍ
خَمْسَةَ دَرَاهِمَ.
Mereka sepakat bahwa pada 200 dirham
(Zakatnya) 5 dirham.
99. Nishob Zakat Emas dan Perak
(Nilai Setara)
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الذَّهَبَ
إِذَا كَانَ عِشْرِينَ مِثْقَالًا قِيمَتُهَا مِائَتَا دِرْهَمٍ أَنَّ الزَّكَاةَ تَجِبُ
فِيهِ، وَانْفَرَدَ الْحَسَنُ الْبَصْرِيُّ، فَقَالَ: لَيْسَ فِيمَا دُونَ أَرْبَعِينَ
دِينَارًا صَدَقَةٌ.
Mereka sepakat bahwa: emas jika ia
20 mitsqol yang nilainya 200 dirham maka Zakat wajib padanya, sementara Al-Hasan
Al-Bashri berpendapat sendiri, ia berkata: tidak ada Shodaqoh (Zakat) pada
kurang dari 40 dinar.
100. Emas Kurang dari Nishob
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الذَّهَبَ
إِذَا كَانَ أَقَلَّ مِنْ عِشْرِينَ مِثْقَالًا، وَلَا يَبْلُغُ قِيمَتُهَا مِائَتَيْ
دِرْهَمٍ أَنْ لَا زَكَاةَ فِيهِ.
Mereka sepakat bahwa: emas jika ia
kurang dari 20 mitsqol, dan nilainya tidak mencapai 200 dirham sungguh
tidak ada Zakat padanya.
101. Kewajiban Khumus (Seperlima)
atas Rikaz Emas dan Perak
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْخُمُسَ
يَجِبُ فِي رِكَازِ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ عَلَى مَا ذَكَرْتُهُ.
Mereka sepakat bahwa: khumus
(seperlima) wajib pada rikaz (harta terpendam) emas dan perak
atas apa yang telah saya sebutkan.
102. Khumus atas Rikaz
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الَّذِي يَجِيزُ
الرِّكَازَ عَلَيْهِ الْخُمُسُ.
Mereka sepakat bahwa: siapa yang
mendapatkan rikaz wajib atasnya khumus (seperlima alias 20%).
103. Wajib Zakat Setelah Satu Haul
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْمَالَ
إِذَا حَالَ عَلَيْهِ الْحَوْلُ أَنَّ الزَّكَاةَ تَجِبُ فِيهِ.
Mereka sepakat bahwa: harta jika
telah mencapai satu haul (satu tahun) maka Zakat wajib padanya.
104. Mengeluarkan Zakat Setelah Wajib
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الزَّكَاةَ
تَجِبُ فِي الْمَالِ بَعْدَ دُخُولِ الْحَوْلِ، فَمَنْ أَدَّى ذَلِكَ بَعْدَ وُجُوبِهِ
عَلَيْهِ أَنَّ ذَلِكَ يُجْزِئُ عَنْهُ.
Mereka sepakat bahwa: Zakat wajib
pada harta setelah masuk haul (satu tahun), maka siapa yang
menunaikannya setelah wajib atasnya sungguh hal itu mencukupi dirinya.
105. Zakat Harta Budak Mukatab
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَا زَكَاةَ
فِي مَالِ الْكَاتِبِ حَتَّى يُعْتَقَ، وَانْفَرَدَ أَبُو ثَوْرٍ، فَقَالَ: فِيهِ الزَّكَاةُ.
Mereka sepakat bahwa: tidak ada
Zakat pada harta budak mukatab (yang telah dijanjikan merdeka jika lunas cicilannya) sampai ia dimerdekakan,
sedang Abu Tsaur berpendapat sendiri, ia berkata: padanya ada Zakat.
106. Kewajiban Zakat Fithri
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ صَدَقَةَ
الْفِطْرِ فَرْضٌ.
Mereka sepakat bahwa: Shodaqoh Fithri adalah fardhu.
107. Wajib Zakat Fithri Diri Sendiri dan Anak Kecil
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ صَدَقَةَ
الْفِطْرِ تَجِبُ عَلَى الْمَرْءِ إِذَا أَمْكَنَهُ أَدَاؤُهَا عَنْ نَفْسِهِ، وَأَوْلَادِهِ
الْأَطْفَالِ الَّذِينَ لَا أَمْوَالَ لَهُمْ.
Mereka sepakat bahwa: Shodaqoh Fithri wajib atas seseorang jika ia mampu menunaikannya untuk dirinya dan
anak-anaknya yang tidak memiliki harta.
108. Zakat Fithri Budak yang Hadir
وَأَجْمَعُوا أَنَّ عَلَى الْمَرْءِ
أَدَاءَ زَكَاةِ الْفِطْرِ عَنْ مَمْلُوكِهِ الْحَاضِرِ.
Mereka sepakat bahwa seseorang wajib
menunaikan Zakat Fithri untuk budaknya yang hadir.
109. Zakat Fithri Budak Muslim
Milik Dzimmi
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَا صَدَقَةَ
عَلَى الذِّمِّيِّ فِي عَبْدِهِ الْمُسْلِمِ.
Mereka sepakat bahwa: tidak ada
Shodaqoh (Zakat) atas dzimmi pada budaknya yang Muslim.
110. Zakat Fithri Wanita yang
Belum Menikah
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْمَرْأَةَ
قَبْلَ أَنْ تُنْكَحَ تُخْرِجُ الزَّكَاةَ لِفِطْرٍ عَنْ نَفْسِهَا.
Mereka sepakat bahwa: wanita sebelum
ia menikah mengeluarkan Zakat Fithri untuk dirinya.
111. Hukum Zakat Fithri Janin
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَا زَكَاةَ
عَلَى الْجَنِينِ فِي بَطْنِ أُمِّهِ، وَانْفَرَدَ ابْنُ حَنْبَلٍ: فَكَانَ يُحِبُّهُ
وَلَا يُوجِبُهُ.
Mereka sepakat bahwa: tidak ada
Zakat atas janin di perut ibunya, sedang Ibnu Hanbal berpendapat sendiri, yaitu ia menyukainya
(dikeluarkan Zakatnya) namun tidak mewajibkannya.
112. Ukuran Zakat Fithri Jelai dan
Kurma
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الشَّعِيرَ
وَالتَّمْرَ لَا يُجْزِئُ مِنْ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا أَقَلُّ مِنْ صَاعٍ.
Mereka sepakat bahwa: jelai dan
kurma tidak sah dari setiap satu darinya kurang dari 1 sho’.
113. Ukuran Zakat Fithri Gandum
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الْبُرَّ
يُجْزِئُ مِنْهُ نِصْفُ صَاعٍ وَاحِدٍ.
Mereka sepakat bahwa: gandum sah
darinya setengah sho’.
114. Penerima Zakat (Non-Muslim)
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَا يُجْزِئَ
أَنْ يُعْطِيَ زَكَاةَ الْمَالِ أَحَدًا مِنْ أَهْلِ الذِّمَّةِ.
Mereka sepakat bahwa: tidak sah jika
memberikan Zakat harta kepada siapa pun dari ahli dzimmah (non-Muslim).
Note: jika ahadun (dhommatain) maka artinya:
Siapapun dari ahli dzimmah tidak sah mengeluarkan Zakat.
115. Zakat Harta Perdagangan
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ فِي الْعُرُوضِ
الَّتِي تُدَارُ لِلتِّجَارَةِ الزَّكَاةَ إِذَا حَالَ عَلَيْهَا الْحَوْلُ.
Mereka sepakat bahwa: barang-barang
yang diputar untuk perdagangan ada Zakat jika telah mencapai haul (satu
tahun).
116. Mendistribusikan Zakat Sesuai
Ayat
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّهُ إِنْ فَرَضَ
صَدَقَتَهُ فِي الْأَصْنَافِ الَّتِي ذَكَرَهَا فِي سُورَةِ بَرَاءَةٍ فِي قَوْلِهِ
تَعَالَى: ﴿إِنَّمَا
الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا﴾ الْآيَةَ، أَنَّهُ مُؤَدٍّ كَمَا فُرِضَ عَلَيْهِ.
Mereka sepakat bahwa: jika ia menyalurkan Zakatnya kepada golongan yang disebutkan di Suroh Baro’ah dalam firman Alloh: “Zakat hanya diberikan kepada: fakir, miskin,
amil Zakat...” QS. At-Taubah: 60) maka ia menunaikan
sebagaimana difardhukan atasnya.
117. Menyerahkan Zakat kepada Nabi
dan Amir
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الزَّكَاةَ
كَانَتْ تُدْفَعُ لِرَسُولِ اللَّهِ ﷺ، وَلِرُسُلِهِ وَعُمَّالِهِ، وَإِلَى مَنْ أَمَرَ بِدَفْعِهَا
إِلَيْهِ.
Mereka sepakat bahwa: Zakat dahulu
diberikan kepada Rosululloh ﷺ, dan kepada utusan-utusan dan petugas-petugasnya, dan kepada
siapa yang ia perintahkan memberikannya kepadanya.
118. Larangan Memberi Zakat Harta
kepada Dzimmi
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الذِّمِّيَّ
لَا يُعْطَى مِنْ زَكَاةِ الْأَمْوَالِ شَيْئًا.
Mereka sepakat bahwa: dzimmi tidak
diberi sedikit pun dari Zakat harta.
119. Larangan Memberi Zakat kepada
Orang yang Wajib Dinafkahi
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الزَّكَاةَ
لَا يَجُوزُ دَفْعُهَا إِلَى: الْوَالِدَيْنِ، وَالْوَلَدِ فِي الْحَالِ الَّتِي يُجْبَرُ
الدَّافِعُ إِلَيْهِمْ عَلَى النَّفَقَةِ عَلَيْهِمْ.
Mereka sepakat bahwa: Zakat tidak boleh
diberikannya kepada: kedua orang tua dan anak, pada kondisi yang mengharuskannya memberi nafkah kepada mereka.
120. Larangan Memberi Zakat kepada
Istri
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الرَّجُلَ
لَا يُعْطِي زَوْجَتَهُ مِنَ الزَّكَاةِ؛ لِأَنَّ نَفَقَتَهَا عَلَيْهِ، وَهِيَ غَنِيَّةٌ
بِغِنَاهُ.
Mereka sepakat bahwa: seorang lelaki
tidak memberi istrinya Zakat; karena nafkah istrinya ditanggung olehnya, dan ia
telah cukup dari harta suaminya.
121. Tidak Ada ‘Usyur’ atas Harta
Muslim
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَا عُشْرَ
عَلَى الْمُسْلِمِينَ فِي شَيْءٍ مِنْ أَمْوَالِهِمْ، إِلَّا فِي بَعْضِ مَا أَخْرَجَتْ
أَرْضُهُمْ.
Mereka sepakat bahwa: tidak ada ‘Usyur
(sepersepuluh) atas Muslimin pada sesuatu pun dari harta mereka, kecuali pada
sebagian hasil bumi mereka.
122. Tidak Ada Zakat atas Harta
Dzimmi yang Mukim
وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنْ لَا صَدَقَةَ
عَلَى أَهْلِ الذِّمَّةِ فِي شَيْءٍ مِنْ أَمْوَالِهِمْ مَا دَامُوا مُقِيمِينَ.
Merejak sepakat bahwa: tidak ada
Shodaqoh (Zakat) atas ahli dzimmah pada sesuatu pun dari harta mereka selama
mereka mukim (menetap).